PORTOFOLIO JALUR SIMAMA

Pola seleksi Portofolio merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan dokumentasi hasil/nilai atau performance (lebih ke arah  kemampuan akademik) yang telah dimiliki oleh peserta semasa mengikuti pendidikan SMA/SMK yang meliputi:  Rerata nilai raport semester 1- 5, Rerata nilai matematika, Rerata nilai bahasa Indonesia, Rerata niai bahasa Inggris dan Akreditasi sekolah.

INFO PENGISIAN PORTOFOLIO

  1. Download panduan Portofolio SIMAMA dibawah.
  2. Para peserta sudah menyiapkan Raport SMA/SMK Semester 1 – 5 baik asli dan telah di scan tiap semesternya dalam bentuk JPG/JPEG/PNG.
  3. Pendaftar yang bisa mengisi data portofolio adalah pendaftar yang telah cetak kartu ujian. Bagi pendaftar yang belum cetak kartu ujian silahkan mengisi biodata hingga cetak kartu ujian.
  4. Pengisian Portofolio dimulai pada 16 – 30 Mei 2020 melalui laman http://portofolio-simama-poltekkes.kemkes.go.id/login atau klik tombol Input portofolio dibawah ini.
  5. Peserta login menggunakan Username/nama pengguna dan Password yang pernah dibuat sebelumnya.
  6. Setelah login maka akan tampil data diri pendaftar. Klik Selanjutnya.
  7. Peserta mengisi Data Sekolah (Seperti Jenis sekolah, Jurusan Sekolah dan Akreditasi Sekolah). Klik Selanjutnya.
  8. Peserta wajib Input Nilai raport kategori “Pengetahuan” semester 1 – 5 mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris.
  9. Peserta wajib Input Rata-rata nilai raport Semester 1 – 5 kategori pengetahuan semua mata pelajaran (Kelompok A,B dan C). Klik Simpan
  10. Peserta wajib mengupload hasil scan raport  semester 1-5  dalam bentuk file JPG/JPEG/PNG/. Klik Simpan
  11. Peserta mengupload Data Prestasi akademik (optional) Maksimal 1 file JPG/JPEG/PNG. Klik Simpan
  12. Peserta mengisi data kesehatan seperti ( tinggi badan, berat badan, buta warna, pendengaran dan wicara ). Klik Simpan
  13. Tampil halaman review data. Peserta wajib mengecek kembali data portofolio yang telah di inputkan apabila terdapat kesalahan/kekeliruan silahkan klik tombol kembali ( hijau )
  14. Apabila data portofolio dianggap telah benar maka silahkan centang box “data yang saya masukkan sudah benar, apabila ditemukan ketidaksesuaian data yang saya masukkan, maka saya bersedia gugur dalam verifikasi” 
  15. Klik tombol Konfimasi ( Orange ). Apabila telah klik tombol konfimasi maka data yang telah di input tidak dapat diubah lagi, diharapkan memperhatikan dengan baik saat menginputkan data.
  16. Pendaftar menunggu pengumuman tanggal 10 Juni 2020
  1. Pendaftar yang bisa mengisi data portofolio adalah pendaftar yang telah cetak kartu ujian. Bagi pendaftar yang belum cetak kartu ujian silahkan mengisi biodata hingga cetak kartu ujian.
  2. Setiap peserta SIMAMA Poltekkes Kemenkes wajib mengisi dan melengkapi data portofolio mulai mulai 16 – 30 Mei 2020.
  3. Peserta wajib Inputi Nilai raport kategori “Pengetahuan” semester 1 – 5 mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris
  4. Peserta wajib Inputi Rata-rata nilai raport Semester 1 – 5 kategori pengetahuan semua mata pelajaran (Kelompok A,B dan C).
  5. Setiap peserta wajib mengunggah (upload) dan mengirim dokumen portofolio sesuai dengan ketentuan.
  6. Peserta yang tidak mengirimkan portofolio sesuai ketentuan dianggap gugur.
  7. Peserta menyetujui pernyataan bahwa data dan dokumen yang disampaikan di dalam portofolio adalah benar adanya serta menerima segala konsekuensinya bila tidak sesuai dengan kenyataan.
  8. Apabila ditemukan ketidaksesuaian antara data dengan dokumen atau pemalsuan dokumen yang diunggah maka peserta dianggap gugur.
  9. Pastikan sebelum klik tombol konfirmasi, periksa kembali data portofolio yang anda inputkan. Data portofolio tidak dapat diubah apabila tombol konfirmasi telah diklik.
  10. Panitia tidak bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan input data akibat kelalaian pendaftar.
NoKegiatanWaktu
1Pendaftaran14 Feb – 15 Mei 2020
2Pengisian Portofolio16 – 30 Mei 2020
3Penilaian dan Pemeringkatan Portofolio2- 5 Juni 2020
4Pengumuman Hasil Nominasi10 Juni 2020
5Verifikasi Dokumen Porofolio & Uji Kesehatan Mandiri11 – 26 Juni 2020
6Pengumuman Hasil Seleksi Akhir30 Juni 2020
7Registrasi dan PemberkasanMenyusul
8PKKMBMenyusul
9Permulaan kuliahMenyusul